Iran: Kaligrafi Jadi Media Identitas Bangsa

Iran:  Kaligrafi Jadi Media Identitas Bangsa

Pakar Iran: Kaligrafi Jadi Media Identitas Bangsa

Salina memaparkan bahwa seorang seniman tidak hanya melukis di kanvas tetapi harus bisa memahami apa arti dari lukisan tersebut.
Pakar kebudayaan Iran yang juga atase Kebudayaan Iran Kedutaan Besar Republik Islam Iran Moh. Ali Rabbani mengatakan seni kaligrafi selama ini di Iran masih menduduki posisi yang sangat tinggi dan populer, meski perkembangan zaman telah demikian pesat.

"Seperti di Indonesia, seni kaligrafi saat ini justru mengalami perkembangan makin pesat dengan ditandai makin banyaknya pelukis kaligrafi baru," kata Rabbani usai Pertemuan Kebudayaan Kesenian Iran yang diadakan oleh Iranian Corner Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) di Yogyakarta, Rabu (3/10).
Menurut Ali, seni kaligrafi merupakan saksi lahirnya sebuah peradaban. "Apa yang tertulis menjadi sebuah pintu bagi suatu bangsa untuk memasuki sebuah peradaban baru. Sehingga, dari kaligrafi itu menjadi saksi lahirnya peradaban Islam terbesar di tanah Persia. Selain itu melalui seni kaligrafi, maka membantu penyebaran ajaran Islam," kata dia.

Sementara, seniman kaligrafi asal Iran Salina Puria dan Zohren Abbasi yang ikut dalam pertemuan itu menuturkan, keduanya mengenalkan seni kaligrafi di Iran dan bagaimana karya mereka menjadi konsumsi dunia.

Salina memaparkan bahwa seorang seniman tidak hanya melukis di kanvas tetapi harus bisa memahami apa arti dari lukisan tersebut.

"Dengan membuat kaligrafi ayat-ayat suci Alquran, berarti pelukis harus memahami apa yang ia tulis dan juga mengamalkannya seperti yang diajarkan dalam Alquran," tuturnya.

Salina yang juga merupakan pakar seni iluminati ini menerangkan tentang kedudukan kaligrafi yang ditinggikan di Iran.

"Kedudukan kaligrafi di Iran cukup tinggi, karena selain kaligrafi sendiri memperindah ayat-ayat Alquran dan hadis Rasulullah juga merupakan kata-kata dari pembesar agama Islam dan juga syair-syair Islam di Iran," terangnya.

Sementara rekan Salina, Zohreh Abbasi, menambahkan kekhasan Kaligrafi Iran yang memang menunjukkan identitas bangsa Iran. "Kaligrafi Iran mewakili identitas dari bangsa Iran karena kaligrafi ini memiliki nilai-nilai yang dimiliki bangsa Iran yaitu tentang Islam, akhlak, nilai-nilai kemanusiaan dan nilai positif lainnya. Selain itu, kaligrafi Iran juga memiliki corak khusus yang menggambarkan nilai-nilai kebudayaan Persia," tutupnya.

Author:

Facebook Comment