Wednesday, February 27, 2013

Kebudayaan Madura

1


Bercerita tentang kebudayaan yang ada di indonesia tentu tak ada habisnya ya. Indonesia memiliki kebudayaan beragam dari Sabang sampai Merauke. Dalam artikel ini Saya akan membahas mengenai kebudayaan, kekayaan alam, dan wisata alam di Madura.
Di mulai dari Kebudayaan Madura yang terkenal karena memiliki segudang kesenian yang banyak serta beragam. Kebudayaan dari pulau Madura ini pada setiap keseniannya memiliki unsur yang sangat bernilai. Walaupun berada dalam wilayah yang tandus, tetapi Madura kaya akan kebudayaan dan serta alamnya. Kekayaan budaya yang terdapat di Madura ini dibangun atas unsur yang dipengaruhi oleh animisme, Hindu, dan dalam Islam. Ketiga unsur inilah yang mendominasi kebudayaan yang ada disana.
Dan adapun kebudayaan-kebudayaan Madura yang harus kita ketahui dan dan lestarikan di negara Indonesia kita adalah sebagai berikut :
1. Kebudayaan Madura.
  • Tembang Macapat : Pada awalnya disebut tembang atau nyayian ini dipakai sebagai media untuk memuji Allah SWT sebelum dilaksanakan shalat wajib. Lambat laun tembang ini dipakai untuk mengajak masyarakat Madura mencintai ilmu pengetahuan dan membenahi kerusakan moral yang telah terjadi di Madura.
Berikut cuplikan video tembang macapat :
  • Musik Saronen : Musik ini berasal dari desa Sendang,  Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep. Jika di Madura diadakan sebuah kesenian, musik saronen inilah yang mengiringinya. Musik saronen merupakan perpaduan dari beberapa alat musik, tetapi yang paling dominan adalah alat musik tiup berupa kerucut. Nah alat musik tiup itulah yang disebut dengan seronen.
  • Tan Muang dan Tari Duplang : Tan Muang dan Tari Duplang ini merupakan seni tari yang bersal dari Madura. Gerakan tari tradisional ini di setiap gerakannya selalu menampilkan kata-kata yang tertera dalam Al Qur’an seperti lafadz Allah dan Muhammad. Tari Muang adalah seni tradisional yang masih ada sampai sekarang. Saat ini, tarian Muang beralih fungsi menjadi tarian wajib untuk menyambut para wisatawan yang datang ke Madura, tetapi gerakannya masih tetap dibatasi dan masih diselipkan unsur-unsur islaminya. Berbeda dengan tarian Muang, tari Duplang merupakan tarian yang unik dan langka. Unik  karena tarian ini merupakan suatu gambaran prosesi  kehidupan seorang wanita desa. Di dalam tarian ini mengandung suatu pesan, yaitu masih terlupakannya wanita desa yang bekerja sebagai petani. Tarian ini diciptakan oleh seorang penari keraton yang bernama Nyi Raisa.
  • Upacara Sandhur Pantel : Upacara Sandhur Pantel merupakan sebuah upacara ritual untuk para masyarakat Madura yang berprofesi sebagai petani atau nelayan. Upacara rital ini merupakan upacara yanag menghubungkan manusia dengan makhluk ghaib atau sebagai sarana komunikasi manusia dan Tuhan Pencipta Alam Semesta. Bentuk upacara ini berupa tarian dan nyayian yang diiringi musik. Hampir di seluruh wilayah Madura melakukan ritual ini. Lambat laun, upacara ini tidak dilakukan lagi karena bertentangan dengan ajaran agama islam. Upacara ini haram huumnya jika dilaksanakan.
  • Kerapan Sapi : Kerapan sapi merupakan sebuah seni pertunjukan yang didalamnya terdapat kerapan sapi serta topeng dalang. kerapan sapi merupakanperlombaan memacu sapi. Kesenian ini diperkenalkan pada abad ke-15 (1561M) pada masa pemerintahan Pangeran Katandur di daerah Keratin Sumenep. Kesenian ini di ikuti oleh para petani. Tujuannya untuk memberikan motivasi kepada petani agar tetap semangat bekerja dan dapat meningkatkan produksi ternak sapinya. Seiring dengan berjalannya waktu, kerapan sapi ini sudah banyak disalahgunakan sehingga lebih banyak mudhratnya dari pada manfaatnya. Contohnya seperti banyak diantara para pemain dan penonton yang melupakan kewajiban untuk mendirikan shalat. Kerapan sapi merupakan kesenian yang khas dari Madura. Kerapan sapi ini merupakan pemasok utama dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah karena kerapan sapi mampu menarik perhatian wisatawan asing berkunjung ke Madura.
 Berikut cuplikan video kerapan sapi di Madura :
2. Kekayaan Alam.
Di sisi selain kebudayaan pulau Madura. Madura juga memiliki kekayaan alam berupa Gas Alam yang melimpah, khususnya di daerah kepulauan di Kabupaten Sumenep. Selain Gas Alam, terdapat sinyalemen pula bahwa Minyak Bumi dan Logam Mulia di banyak titik.
3. Wisata Alam.
Terakhir mengenai fenomena wisata Api Abadi di Madura merupakan suatu keajaiban alam, dimana api yang muncul di permukaan tanah tidak pernah bisa mati, meskipun disiram. Maka tak ayal objek wisata ini dikenal dengan sebutan “api yang tak kunjung padam”.

1 comments:

Post a Comment