Grebeg Suro Ponorogo

 GREBEG SURO : JADIKAN PONOROGO SEBAGAI BAROMETER SENI



Grebeg Suro adalah satu moment dimana masyarakat, khsusnya Ponorogo begitu mengagumi dan dinanti-nanti.
Masyarakat nampak tumpah ruah membanjiri alun-alun Kabupaten Ponorogo bertemu dalam satu acara yang digadhang-gadhan untuk menyambut datangnya tahun baru hijriyah atau dalam penaggalan Jawa disebut 1 Suro.

Dalam gelar seni budaya Grebeg Suro tersebut acara inti atau utamanya adalah Festival Reyog Ponorogo yang menjadi pusat perhatian massa. Dalam Gerebeg Suro yang dimulai sejak 9-14 Oktober kali ini Festival Reyog Nasional diikuti oleh 53 peserta dari berbagai daerah di Indonesia.
Sebut saja Surabaya, Jakarta, Wonogiri, Gresik (PT. Semen Gresik), Universitas Negeri Jember, Ponorogo, Kab. Trenggalek, Pacitan, Kalimantan, dan masih banyak lagi lainnya.
Selain dimeriahkan dengan festival reyog, Grebeg Suro kali ini juga dimeriahkan dengan brbagai kegiatan pendukung atau lomba-lomba lainnya. Seperti lomba burung berkicau, lomba burung perkutut, pameran adenium, dll.
Dalam sambutannya, Bupati Ponorogo M. Amin, SH mengatakan, acara ini dimaksudkan untuk menjadikan Ponorogo sebagai barometer seni budaya di Jawa Timur.
Karena itu, para tamu undangan banyak berdatangan dari mancanegara dan para wisatawan asing. Bupati berharap acara ini dapat meningkatkan kunjungan wisata ke Kabupaten Ponorogo.

Author:

Facebook Comment