Petak Umpet

Seiring perkembangan waktu permainan tradisional mulai tergusur oleh permainan moderen yang berbau teknologi seperti android, laptop, komputer, PSP, PS. Permainan petak umpet sering di mainkan oleh anak tahun 90an sampaai 2000an, namun seiring perkembangan teknologi permainan tradisional ini mulai tergusur. walaupun masih ada yang bermain petak umpet tetepi hanya sebagaian anak, mungkin haanya anak- anak desa yang belum pahaam teknologi. sebenarnya permainan ini sangat asik untuk di mainkan bersama teman- teman.
Hasil gambar untuk petak umpet

Cara bermain petak umpet :

Pertama mulai dengan hompimpa untuk mencari yang jaga pos, dan yang lain sembunyi yang aman biar tidak ketahuan oleh penjaga. Sebelum mencari penjaga di haruskan berhitung dahulu sampai 10 untuk memberi waktu teman yang sembunyi untuk berdembunyi se aman - amannya.
Jika se penjaga menemukan yang sembunyi biasanya dia menyebut nama dan bilang Hong,Bon, Pel dll ( Tergantung daerah )
Dan yang ketahuan pertama kali biasannya yang menjaga pada permainan berikutnya, tetapi ada juga yang hompimpa lagi untuk menentukan yang jaga ( Khusus yang ketahuan )
Jika dia ketahuan karena di beri tahu temannya maka ada istilah KEBAKARAN dan yang ketahuan tidak kalah karena di beri tahu temannya.

Author:

Facebook Comment